Follower

Apa itu Crypto / Krypto?


Bagi sebagian masyarakat, mendengar kata Bitcoin, Krypto atau coin digital, masih terasa asing. Hanya sebagian yang mengerti IT atau teknologi mengerti keberadaan koin ini.

Krypto atau Cryptocurrency adalah alat pertukaran seperti mata uang lainnya seperti Rupiah, USD, hanya saja dirancang untuk tujuan pertukaran informasi digital melalui proses yang dimungkinkan oleh prinsip-prinsip tertentu dari kriptografi.
Kriptografi sendiri digunakan untuk mengamankan transaksi dan mengendalikan penciptaan koin baru.
Asal muasalnya berasal dari Bitcoin yang tercipta pada tahun 2009. Karena keberhasilannya sekarang ini banyak ratusan cryptocurrency lainnya, dengan nama lain Altcoin.
Keunikan dalam Crypto dibanding uang biasa adalah:
-          Keberadaan cryptocurrency adalah listrik yang diubah menjadi baris kode dengan nilai moneter. Sehingga ia disebut mata uang digital.
-          Tidak ada perbankan terpusat, seperti Federal Reserve System atau di Indonesia disebut Bank Indonesia.
-          Pemerintah  mengendalikan nilai mata uang negara masing-masing berlainan dengan cryptocurrency yang tidak dikendalikan dibawah pemerintahan apapun.
-          Cryptocurrency dirancang untuk menurunkan jumlah coin yang diproduksi seperti Bitcoin, yang membatasi coin yang beredar sekitar 21 juta. Berlainan dengan uang yang biasa, dimana pemerintah bisa menciptakan uang (sehingga terjadi inflasi).

Perkembangan Cryptocurrency / Krypto
Bitcoin diciptakan pada tahun 2009 oleh pengembang pseudonim bernama Satoshi Nakamoto. Pada awalnya banyak yang sangsi akan kesuksesan uang digital ini, namun perkembangan saat ini sudah melampui ekspetasi, kisaran 1 Bitcoin pernah menembus sampai 100 juta hanya untuk 1 Bitcoin.
Kesuksesan Bitcoin diikuti oleh:
-  Namecoin, dengan penyensoran internet yang lebih sulit.
-  Litecoin dirilis, masyarakat umum kemampuan untuk menambang litecoin tanpa pembelian perangkat keras tertentu seperti mesin ASIC yang digunakan untuk menambang Bitcoin.
-  Ripplecoin, mempunyai layanan sebagai sistem pembayaran mendukung mata uang biasa.
-  Ethereum (ether)—sebutan mata uang Ethereum—naik hingga 2.300 persen. Menempatkannya sebagai kripto nomor dua 
-  NEO, salah satu platform yang menawarkan Smart Contracts—sebuah piranti lunak yang bisa melacak dan mengotomatisasi pemenuhan perjanjian dalam teknologi blockchain.
-  Monero (XMR). Ia menawarkan layanan yang tidak terlacak, aman, dan private,
-  IOTA, kripto pertama yang menawarkan transaksi bebas biaya. 

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates