Follower

Perbedaan Daging Sawit dan Kernel Sawit

Sekilas tentang Buah Sawit
Ada 3 struktur pada buah sawit, yaitu Cangkang, daging, dan biji sawit. Cangkang sendiri merupakan tempat daging dan biji sawit terlindungi. Setelah cangkang kemudian daging buah dan kemudian biji. Daging buah sawit dan biji (kernel sawit) inilah yang bisa dibuat minyak.
Kernel kelapa sawit adalah minyak dari biji kelapa sawit. Minyak ini sendiri sebenarnya adalah minyak nabati yang bisa dikonsumsi. Minyak ini  mengandung komposisi asam lemak yang hampir sama dengan apa yang bisa kita temukan pada minyak kelapa yang disebut minyak laurat.

Perbedaan Minyak Sawit dari daging dan Minyak inti sawit (dari Kernel).
1. Warna yang kita lihat di kedua minyak ini. Minyak sawit akan berwarna merah jingga sedangkan minyak inti ini akan berwarna lebih kekuningan.

2. Minyak inti sawit ini juga mempunyai titik jenuh lebih tinggi dibandingkan minyak sawit. Minyak sawit mempunyai titik lebur rendah karena komposisi yang sama dengan minyak kelapa. Kernel ini sendiri mengandung 47 hingga 50% minyak inti sehingga ketika kita memanaskannya, kita akan melihat minyak ynag warnanya jauh lebih gelap. Suhu paling tinggi dari minyak ini sendiri juga berbeda yaitu di 130 derajat celcius. Pada proses pembuatannya, suhu maksimal memang dibatasi sebagai upaya untuk menjaga agar tidak banyak inti yang berubah warna nantinya.

3. Mutu dari minyak kernel akan sangat bergantung pada mutu kernel itu sendiri dan juga pada proses pembuatannya yang panjang. Minyak inti ini biasnaya mempunyai kadar asam lemak bebas yang jauh lebih rendah dan hal ini bisa dilihat dengan warna kuning pucat yang ada pada minyak ini.

Sekilas proses Daging Sawit dan Kernel Sawit
Untuk menghasilkan minyak baik dari buah atau kernel, memerlukan proses yang tidak sebentar.
1. Crude Palm Oil (CPO)/Minyak Sawit Kasar merupakan hasil olahan daging buah kelapa sawit melalui proses perebusan Tandan Buah Segar (TBS), perontokan, dan pengepresan. CPO ini diperoleh dari bagian mesokarp buah kelapa sawit yang telah mengalami beberapa proses, yaitu sterilisasi, pengepresan, dan klarifikasi.

2. Palm Kernel Oil (PKO) diperoleh dari bagian kernel buah kelapa sawit dengan cara ekstraksi pelarut atau dengan cara pengepresan. Pada awalnya kernel sawit harus diambil dalam buah sawitnya, kemudian diambil bijinya. Selanjutnya adalah dengan mengefisiensi ekstraksi minyak dari inti kelapa sawit itu sendiri. Permbersihan kernel untuk menghilangkan kontaminasi material metal lainnya Dan kernel sawit juga harus dikurangi kadar airnya karena akan mempermudah proses pemecahan kernel sawit. Tahapan selanjutnya adalah dengan pemecahan dengan mesin ripple mill, yang juga untuk mengurangi inti sawit yang pecah. Proses selanjutnya adalah pengeresan dan akan menghasilkan fibre yang akan disebut dengan palm kernel cake. Pengeresan ini menghasilkan minyak dari kernel sawit.

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates