Follower

Karbon aktif Tempurung Kelapa

Karbon aktif berguna untuk filter untuk menjernihkan air, pemurnian gas, industri minuman, farmasi, katalisator, dan berbagai macam penggunaan lain. Bahkan sekarang sebagai bahan kosmetik untuk wajah. Karbon aktif yang baik biasanya berasal dari tempurung kelapa yang berkualitas.


Karbon aktif dari Tempurung kelapa
Untuk membuat karbon aktif dari tempurung kealpa yang berbentuk setengah atau seperempat tempurung. Karena membuat karbon aktif harus memperhatikan bentuk, ukuran, dan kualitas tempurung kelapa. Syarat lainnya kelapa yang benar-benar tua sehingga karbon aktif yang dihasilkan berwarna hitam mengkilat dan keras. Dari segi kebersihan tempurung kelapa harus bersih dari sabutnya.

Ada dua tahapan membuat karbon aktif.
1. Menggunakan drum berpenutup.

2. proses penggilingan arang tempurung hingga menghasilkan karbon aktif dan serbuk arang. Serbuk arang ini masih bisa diproses menjadi briket. Penggilingan dilakukan dengan mesin sederhana berpenggerak listrik, diesel, atau bensin.

Pembakaran tempurung harus dilakukan dengan hati-hati agar dihasilkan karbon aktif yang berkualitas. Ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu
- Kualitas tempurung
Kualitas tempurung kelapa biasa lebih baik dibanding kelapa hibrida.
- Proses pembakaran akan sangat menentukan rendemen karbon aktif yang dihasilkan.
Proses pembakaran dilakukan dengan drum yang diberi empat lubang di bagian bawah. Agar selama pembakaran udara bisa masuk, drum harus diganjal tiga potongan batu bata. Dan agar dapat diperoleh rendemen karbon aktif yang lebih baik.

Langkah-Langkah Pembakaran:
1. Tahap pertama : Pembakaran dilakukan lapis demi lapis tempurung. Memulai pembakaran bisa dengan menggunakan kertas atau daun kelapa kering yang ditaruh di atas satu lapis tempurung di dasar drum. Setelah tempurung lapisan pertama terbakar, sedikit demi sedikit satu lapisan ditaruh di atasnya. Langkah ini terus dilakukan sampai drum penuh.Ketika tempurung lapisan atas mulai terbakar, batu bata yang menjadi ganjalan drum perlahan-lahan diambil, sehingga dasar drum langsung menyentuh tanah dan menutup lubang. Kemudian drum ditutup rapat-rapat dan jangan sampai ada udara yang masuk. Jika ada udara masuk, maka arang yang ada dalam drum akan menjadi abu. Tapi kalau drum ditutup rapat sebelum seluruh tempurung terbakar, tempurung tidak akan menjadi arang.

2. Tahap kedua : Keesokan harinya, setelah drum dingin, tutupnya dibuka, kemudian drum dibaringkan. Arang tempurung kemudian dibongkar secara perlahan-lahan. Arang tempurung yang tampak hitam, mengkilap, utuh, keras, dan mudah dipatahkan menunjukkan kualitasnya baik.

Karbon aktif sangat efektif menangkap partikel-partikel sangat halus. Tapi bila dibiarkan dalam waktu 60 jam biasanya karbon aktif menjadi jenuh dan tidak bisa dipakai lagi. Lebih baik karbon aktif di kemas dalam kemasan kedap udara. Kegunaannya sangat besar terutama digunakan untuk menjernihkan air di depot air minum isi ulang bahkan PDAM, karena mampu menjernihkan air serta menghilangkan bau dan warna air sehingga menjadi jernih dan layak dikonsumsi. Kelapa memang sangat bermanfaat, mulai

dari daun, pelepah, lidi, buah, sabut, sampai tempurungnya dapat dimanfaatkan untuk manusia.

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates