Follower

3 Jenis Lada | lada putih lada hitam lada hijau

3 Jenis Lada
Lada Putih, Lada Hitam, Lada Hijau
Lada merupakan bumbu masakan, khususnya pada maaskan chinese. Selain memberikan rasa pedes, makananan pun menjadi lebih gurih. Ada tiga jenis lada di dunia ini. Mungkin beberapa kita hanya mengenal 2 jenis saja. Lada putih dan lada hitam, namun ada satu lagi jenis lada. Mari kita lihat selanjutnya.
1. Lada Putih
Lada putih atau yang disebut white pepper sering ditemukan di rumah tangga maupun restoran-restoran. Baunya yang khas dan rasanya yang sedikit pedes membuat makanan memiliki cita rasa yang lebih enak.
Warna putih pada lada diambil dari daging buah lada. Metode pengeringan diperlukan untuk mengupas kulit luarnya, sehingga di dapat daging lada tersebut.  Proses selanjutnya adalah penghalusan sehingga menjadi halus.
Memakai tumbukan atau blender kecil, maka lada bubuk siap digunakan.

Dapat diakatakan rasa lada putih ini lebih ringan dibandingkan lada hitam. Lada jenis ini biasanya digunakan untuk bumbu dapur pada makanan dengan cita rasa ringan, seperti sup yang berkuah. Hampir sebagian besar masakan Indonesia menggunakan lada putih seperti sayur sop, mie goreng,  orak arik dan masih banyak lagi.


2. Lada Hitam
Untuk mendapatkan lada hitam sama dengan lada putih yaitu melalui proses pengeringan. Buah lada yang berwarna hijau, dikeringkan dan dikupas kemudian diambil isinya yaitu lada hitam.
Untuk menjadi bubuk, sama dengan lada putih dan dihancurkan dengan penumbuk atau grinder, ataupun alat modern yaitu pepper grinder.
Biasanya lada hitam lebih banyak dipakai untuk masakan daging ataupun panggangan.

Contoh masakan yang terkenal adalah sapi lada hitam, ayam lada hitam.



3. Nah yang ini namanya lada hijau.

Untuk mengetahui jenis lada hijau ini, biasanya banyak ditemukan di daerah Brazil atau India. Lada hijau segar maupun yang diawetkan lebih digemari oleh orang-orang Eropa. Biasa pengemasannya memakai jerigen kemudian dipack lagi ke dalam botol atau toples kecil.
Di Eropa dan Amerika, lada hijau ada juga yang dijual dalam bentuk saus dengan bahan campuran lain seperti cuka, garam, dan gula.
Lada hijau sendiri banyak digunakan dalam masakan Thailand, Eropa dan Amerika seperti spagetti, mustard, olahan ikan, daging, ayam dan masih banyak lagi.

Harga-harga lada.

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates